Diskon Hosting

Rabu, 22 November 2017

Madu Kaliandra Kenali dan Rasakan Khasiatnya

Kaliandra adalah tumbuhan berbuah polong (legum), wujudnya berupa pohon berukuran
kaliandra merah



sedang dengan bunga tersusun majemuk, di Indonesia orang mengenal kaliandra terutama kaliandra bunga merah sebagai tanaman penghijauan atau pekan ternak. Sedangkan madu kaliandra sendiri adalah jenis madu yang dihasilkan oleh lebah ternak yang menghisap nekhtar dari bunga kaliandra di wilayah dimana di situ tumbuh subur bunga kaliandra, biasanya di daerah dataran tinggi, meskipun dalam satu wilayah tak hanya terdapat nekhtar kaliandra tetapi ada nekhtar jenis lain, tetapi karena nekhtar yang mendominasi nekhtar kaliandra maka disebutlah madu kaliandra

JENIS LEBAH
Madu kaliandra dihasilkan oleh lebah ternak yang dibudidayakan dan digembalakan di wilayah yang di situ tumbuh subur bunga kaliandra, rata-rata penghasil madu kaliandra yang baik adalah lebah dari jenis Apis Mellifera. Lebah ini sangat produktif dan budidayanyapun terbilang mudah, sehingga banyak petani madu yang menggunakan lebah jenis ini.




sarang buatan


TEMPAT BESARANG
Lebah jenis apis mellifera suka membuat sarang pada dahan pohon, di dalam kayu tua serta pada kotak-kotak kayu yang disediakan petani madu untuk menyediakan tempat bersarang koloni lebah, para petani madu biasanya menyediakan kotak yang cukup banyak agar dapat menyediakan sarang untuk beberapa koloni, 1 koloni lebah  beranggotakan antara 60 ribu hingga 70 ribu lebah.






KARAKTERISTIK MADU KALIANDRA
Seperti madu ternakan pada umumnya madu kaliandra memiliki kadar air sekitar 18 hingga 18 koma sekian persen hal ini berkaitan dengan kekentalan madu, dan yang mempengaruhinya adalah iklim yang ada di indonesia dan masa pemanenan madu, madu ternak dengan kualitas kekentalan yang baik yaitu sekitar 12 hari. Untuk madu kaliandra sendiri mempunyai ciri-ciri yang khas, silahkan baca ciri fisik madu kaliandra berikut ini.



CIRI FISIK MADU KALINDRA
Setiap jenis madu mempunyai ciri khas masing-masing dan anda perlu tahu agar bisa membedakan masing-masing jenis madu, bahkan dengan hal ini anda juga dapat membedakan madu asli dan madu palsu. Madu kaliandra mempunyai ciri fisik yang khas diantaranya:
- Warna madu kaliandra umumnya kuning cerah mudah sekali bukan membedakannya, di samping warna kuning cerah madu kaliandra mempunyai tekstur serat yang halus di dalam madu tersebut, karena warnanya yang kuning terkadang orang kurang tahu terkadang dikira minyak, tapi setelah mencoba pasti minta lagi, apalagi jika tahu manfaat madu ini.

- Aroma madu kaliandra sangat khas aroma wangi dan segar berbaur menjadi satu saat mencium madu jenis ini, sangat menggugah selera serta menepis anggapan bahwa rasa madu tidak enak, semua orang baik tua maupun muda jika sudah mencium aromanya pasti ingin merasakan rasa madu ini.

- Rasa madu kaliandra juga khas dan sudah pasti enak dari aromanya saja sudah menggungah selera, madu kaliandra bisa dijadikan alternatif suplemen alami yang sangat sehat lagi enak rasanya, bagi yang sudah pernah mencobanya pasti menyukai madu ini.



TES KEASLIAN MADU
Tes ini dilakukan hanya untuk uji coba secara kasat mata saja, mudah-mudahan tetap bisa memberikan informasi yang cukup, berikut tes keaslian madu kaliandra.
ilustrasi
- Madu kaliandra kadar air cukup stabil, bisa menggunakan tes mencampurkan madu ini dengan air dengan harapan madu yang dituang di dalam segelas air tidak akan langsung bercampur atau berada di dasar air sebagai indikasi madu asli, namun perlu diperhatikan madu ini berwarna kuning jadi harus diperhatikan dengan teliti. meskipun demikian sebetulnya ini adalah tes kadar air pada madu, tetapi semua kembali kepada keyakinan anda.





ilustrasi



- Menuangkan madu kaliandra disusul dengan air secukupnya dan menggoyang-goyangkan piring juga adalah cara lain tes madu ini, jika madu membentuk heksagonal/segi enam mirip sarang lebah kemungkinan besar madu tersebut asli.







- Mengocok madu, atau dicampur dahulu dengan air juga bisa dilakukan untuk tes keaslian ini, jika madu menimbulkan buih yang halus sekali kemungkinan besar madu tersebut asli, ingat buih yang halus bukan seperti buih air mendidih.




Paling akurat dan paling tepat adalah diuji dilaboratorium, tanda madu tersebut asli adalah memiliki kandungan Enzim Diastase Activity.

KHASIAT MADU KALIANDRA
Mengkonsumsi madu kaliandra secara rutin, maka akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh seperti :
- Meningkaatkan daya tahan tubuh
- Melancarkan pencernaan
- Menetralkan tekanan darah
- Meningkatkan dan memperbaiki kualitas hormon
- Mengatasi susah tidur
- Mengurangi rasa mual
- Mengobati reumatik
- Mengobati luka bakar
- dll

note : - madu kaliandra tidak disarankan dimasukkan ke dalam lemari es, karena kandungan serat halus yang dapat mengkristal, namun hal tersebut tidak mempengaruhi keaslian madu kaliandra.
- semua jenis madu yang manis pasti dikrumuni semut, dan semua pakar madu sepakat akan hal tersebut, semut hanya mengidentifikasi madu dengan sungutnya, sesudah itu semut takan berkurang, semua itu sesuai kondisi dari madu, jadi hal ini tidak bisa dijadikan acuan sebagai uji tes keaslian madu.

sumber

Jika anda ingin memesan madu kaliandra asli, silahkan isi di kolom komentar ini.
atau kontak whatsapp di 089637640833

Terima kasih atas perhatiannya,


Jangan lupa minum madu untuk kesegaran aktifitas anda sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Informasi menarik

Signup Paypal Free

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.