Diskon Hosting

Senin, 15 Januari 2018

Cara Menulis Daftar Pustaka

Contoh Daftar Pustaka – Selamat datang di portal hidupsimpel. Yak, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh daftar Pustaka beserta pengertian, fungsi dan aturan penulisannya. Pastinya di setiap buku terdapat daftar pustaka, yang biasanya berada di bagian belakang buku tersebut. Selain buku, daftar pustaka juga ada di seluruh jenis karya tulis, seperti skripsi, makalah, artikel, dan lainnya.
Baiklah, tanpa bertele tele berikut ini adalah berbagai contoh daftar pustaka, silahkan disimak sampai habis.
daftar isi [show]

Pengertian Daftar Pustaka

pengertian daftar pustaka
pixabay.com
Apa itu daftar pustaka? daftar pustaka adalah suatu tulisan yang disusun dan terdapat di akhir suatu karya tulisan yang isinya mulai dari nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, beserta tahun terbit yang mana dijadikan rujukan atau sumber dari seorang penulis karya tulis tersebut.
Maksud karya tulis itu diantaranya adalah karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, artikel dan lain sebagainya.
Menurut kaidah penulisan, seandainya kita mengambil kutipan baik cuma beberapa kalimat bahkan paragraf yang berasal dari sumber bacaaan tertentu maupun referensi yang lain di dalam karya yang kita karang, sehingga sudah menjadi ketentuan bagi kita selaku penulis dan pengutip agar memberikan sumbernya.
Jenis sumber bacaan itu sendiri dapat berbagai bermacam, misalnya majalah, surat kabar, jurnal buletin, ensiklopedi, hasil penelitian, terbitan berkala, dan yang lain seterusnya.
Masing masing sumber bacaan tersebut amat dekat hubungannya dengan karya ilmiah yang dibuat. Pada suatu karya ilmiah, daftar pustaka diletakkan setelah isi karangan, kemudian ditulis di dalam suatu halaman khusus dan tersendiri.

Fungsi Daftar Pustaka

fungsi daftar pustaka
pixabay.com
Kemudian, kenapa daftar pustaka harus dituliskan? Alasannya apa? Baiklah, paling tidak terdapat 4 fungsi dari penulisan sebuah daftar pustaka diantara adalah sebagaiman di bawah ini :
  1. Membuktikan kejujuran penulis kalau isi tulisan yang ada di karya ilmiah bikinnya tersebut bukanlah semuanya adalah buah pemikirannya sendiri, akan tetapi ada separuh mengambil dari referensi yang lain;
  2. Sebagai tanda penghargaan serta pengakuan untuk sang penulis yang hasil pemikirannya berupa tulisan diambil untuk sumber referensi;
  3. Meringankan pembaca yang ingin mendalami lebih jauh, yaitu dengan mengulas buku-buku atau sumber referensi yang dibuat;
  4. Untuk terpenuhinya kelaziman penulisan karya tulisan.
Ada cara baku tetapi tidak mengikat dalam suatu penulisan Daftar Pustaka, karena masing masing sumber karya tulis yang dipakai pada umumnya bermacam macam. Adapun beberapa aturan yang pada umumnya dipakai adalah di bawah ini.
1. Dirangkai menurut urutan abjad secara berurutan mulai dari atas hingga bawah,
2. Formatnya tidak pakai urutan huruf maupun angka.
3. Jarak penyusunan masing masing sumber satu dengan dengan lainnya lazimnya memakai jarak spasi.

Tujuan Penulisan Daftar Pustaka

tujuan daftar pustaka
pixabay.com
  • Karakteristik khas suatu Karya Tulisan.
  • Kajian, rujukan maupun Sumber Ilmu Pengetahuan yang berelasi.
  • Menghasilkan kepuasan Batin untuk Penulis, Penerbit dan yang lainnya.
  • Tahu akan tempat penerbit atau kota.
  • Menumbuhkan sikap kepercayaan Pembaca.
  • Mendorong Pembaca agar mencari materi bacaan atau ilmu pengetahun yang berhubungan dengan isi karya tulis.

Cara Menulis Daftar Pustaka

cara menulis daftar pustaka
pixabay.com
Ada beberapa hal dalam penulisan dan cara membuat daftar pustaka, diantaranya adalah :
  • Nama penulis
  • Tahun Terbit
  • Judul Buku / Karya
  • Tempat Terbit
  • Nama Penerbit
Penulisan suatu daftar pustaka tidak bisa dikerjakan secara sembarangan, akan tetapi mesti berdasarkan aturan yang sudah diterapkan. Di bawah ini adalah beberapa aturan dari penulisan daftar pustaka:
1. Nama penulis yang terdiri dari dua kata maupun lebih, adapun tata cara penulisannya yaitu dengan dibalik dan antara elemen pertama dan elemen yang kedua dikasih tanda koma (,).
Misalnya nama penulis bukunya adalah Ali Mustofa, jadi penulisannya pada daftar pustaka: Mustofa, Ali.
Catatan :
> Kalau penulisnya ada dua orang, maka yang dibalik cuma nama pengarang yang pertama, kemudian antara nama pengarang pertama dan yang kedua dituliskan kata ‘dan’.
> Jika penulisnya ada tiga orang atau malahan lebih, berarti yang dituliskan cuma nama pengarang yang pertama (Tetapi tetap dibalik kalau namanya dua elemen atau lebih) dibarengi dengan kata ‘dkk’ (dan kawan-kawan).
Contohnya suatu buku ditulis oleh 4orang, yaitu Fadhilah Muhammad, Fazi Akbar, Rojali Akmal, dan Dian Saputra. Maka pada penulisan daftar pustaka ditulis: Muhammad, Fadhilah dkk.
2. Pada penulisan daftar pustaka tidak perlu mencantumkan Gelar kebangsawanan, gelar akademis maupun gelar keagamaan. Misalnya Deni Wahyudi, S. Pd hanya ditulis: Wahyudi, Deni.
3. Urutan penulisan ke arah samping kanan yakni: nama penulis (dibalik, diakhiri tanda titik), tahun terbit (jika tidak tersedia, tulis saja ‘Tanpa Tahun’, diakhiri tanda titik), nama kota tempat terbit (diakhiri titik dua), dan terakhir nama penerbit (diakhiri titik).
Misalnya satu buah buku yang judulnya Rembulan Tenggelam di Wajahmu yang dikarang oleh Tere Liye, M. Pd diterbitkan oleh PT Gramedia, Jakarta, di tahun 2015, maka pada daftar pustaka dicantumkan:
Liye, Tere. 2015. Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Jakarta: PT Gramedia.
4. Judul Karya Tulisan Ilmiah ditulis miring atau italic.
5. Format susunan Penulisan Daftar Pustaka berurutan mulai dari A sampai Z sesuai dengan huruf-huruf awal dari Nama pengarang buku.
Adapun bagi kamu yang ingin membuat daftar pustaka secepatnya dan ingin langsung praktek, silahkan tonton video cara membuat daftar pustaka berikut ini.

Contoh Daftar Pustaka

contoh daftar pustaka

1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Nama Pengarang (penulisan nama dibalik, misalnya Ali Subhakti, maka menjadi Subhakti, Ali). Tahun terbit. Judul buku. Tempat Terbit: Nama Penerbit.
a. Contoh Penulisannya Sebagai Berikut:
Ahmad, A. Kasim. 1990. Pendidikan Seni Teater, Buku SMA. Jakarta: Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Alwi, Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Arsyad, Maidar G. dan Mukti U.S. 1991. Pembinaan kompetensi Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
b. Contoh Penulisan Dengan Dua,Tiga Orang atau lebih:
Brahma, A.H., dan Putra Ahmad. 1998. Metode Pembelajaran Untuk Guru. Jakarta: Bentang Pustaka.
Susilo, Rahaden, Rudi Sucipto dan Angga Sela. 2002. Tata Bahasa Indonesia. Malang: Bagian Penerbitan Sastra Bahasa Indonesia UB.
c. Contoh Penulisan Tanpa Pengarang:
Depag. 2001. Petunjuk Pelaksanaan dan Tata Cara Haji dan Umrah. Jakarta: Depag.
Divisi SDM. 2007. Company Profile. Jakarta: Citra Van Titipan Kilat.
d. Contoh Penulisan Buku terjermahan, Saduran, atau Sutingan
Prakosoi, Hilman (Penterjermah). 1997. Analisa Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Manajemen.
e. Contoh Penulisan Buku Terjermahan, Penulis sama, tetapi Buku Berbeda
Fitriani. 2007. Akuntasi Level Menengah. Semarang: Alfa Media.
________ . 2008. Akuntasi Level Menengah Jilid II. Semarang: Alfa Media.

2. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Majalah

Pramesjo, Wijaya. 2001. Menuju Fashion Asia. Jakarta: Majalah Bisnis Fashion, No. 4 Thn. 05. (12 Januari-20 Februari 2005)

3. Contoh Daftar Pustaka Dari  Koran

Price, M. (2006). Get It Covered – Modeling Standard Of Cover with ArcGIS Network Analyst 9.2. ArcUser Magazine, October-December, 2006, pp. 48-53.

4. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Jurnal

a. Skripsi, Tesis, atau Disertasi
Mustofa, Dimas Eva. 2011. Sudut Pandang Umum dalam Kanji (Analisis Semiotika terhadap Buku Kanji Pictographix). Jakarta: Universitas Indonesia.
b. Makalah
Indriatu, E. 1999. Molar Patternsw On Javanese People. Makalah dipresentasikan pada The International Conference On Paleoanthropology, October 14-16, Beijing.

5. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Surat Kabar atau Koran

Purbo, Onno. 2005. Kemajuan Sepak Bola Indonesia, Antara Fakta dan Opini. Jakarta: Berita Bola. (25 Maret 2008)
Sumber lain menulis sebagai berikut:
Dimas 16 Desember, 2014. Hal-Hal Utama Di Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Kompas, Radar Malang, hlm 1 & 2.

6. Contoh Daftar Pustaka dari Artikel Internet

Raharjo, Budi. 2000.Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini : Siapkah Indonesia?. Diambil dari: http://infoguruterbaru.blogspot.com/2016/12/6-contoh-artikel-pendidikan-pendek.html. (6 Desember 2016)
atau 
Ilmiawan, Agung. 2016. Contoh rumusan masalah Makalah. www.sahabatnesia.com. Diakses pada 12 Desember 2016.

9. Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Internet

Henry, Gates. 2001. Advancing Quality Through Additional Intention About Result. Chronicle. Vol. 2 number 21, January 2. Diambil dari: http://www.chea.org/chronicle/vol.1/no.11/index.html. (20 Desember 2007)

8. Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Kamus

David-Longley, D.W. 2005. Geographic Information Systems and Science. The New Encylopedia Britannica. Encylopedia Britannica 322: 651-701.
Supaya kamu lebih paham lagi, berikut ini adalah video tentang contoh daftar pustaka yang pada umumnya sering dipakai.
Demikianlah berbagai contoh daftar pustaka yang ada mulai dari contoh daftar pustaka buku, contoh daftar pustaka dari internet, contoh daftar pustaka kamus dan sebagainya, semoga bermanfaat.
Tambah pengetahuan, Baca juga: Contoh CV

Tidak ada komentar:

Informasi menarik

Signup Paypal Free

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.